Home

Minggu, 30 Oktober 2011

Adhitya Praspa (12109968)


BAB 9
TEKNIS PENULISAN SURAT
MATERI :

9.3 BAHASA SURAT

          Surat merupakan salah satu produk komunikasi tulis yang penting. Pesan praktis berupa kabar atau berita tertulis umumnya disampaikan orang melalui surat. Kiranya keunggulan surat yang tidak dimiliki oleh alat komunikasi lisan, yaitu bukti berupa tulisan “hitam diatas putih” mengakibatkan orang harus memakai surat sebagai alat komunikasi.

9.3.1 Bahasa yang jelas

          Pesan yang akan disampaikan oleh pengirim kepada penerima akan efektif jika diungkapkan dengan bahasa yang jelas. Yang dimaksud bahasa yang jelas adalah bahasa yang tidak member peluang untuk ditafsirkan secara berbeda. Bahasa dikatakan jelas jika dua orang atau lebih mempunyai penafsiran yang sama tentang suatu maksud.

9.3.2 Bahasa yang Lugas

          Lugas dapat diartikan ‘sederhana’, bersahaja(simple),langsung pada permasalahan (straight to the point). Dalam bahasa inggris ada ungkapan lain yang maksudnya dapat disejajarkan dengan lugas, yaitu businesslike. Seperti diketahui, dalam dunia bisnis orang akan menginginkan segala sesuatu serba cepat dan serba praktis. Makna itulah dihimpun kedalam satu kata yaitu lugas.

9.3.3 Bahasa yang Umum

          Yang dimaksud dengan bahasa umum dalam pembahasan ini adalah bahasa resmi yang memasyarakat ; bahasa baku yang dipakai di depan umum. Selain strukturnya yang baku, cirri bahasa umum atau bahasa standar adalah harus bebas dari dialeg, slang, dan bahasa prokem.
          Kaidah bahasa surat, yaitu kaidah yang disepakati oleh pemakai bahasa surat dalam hal pemakaian kata/ungkapan khas surat-menyurat. Berikut ini contoh kata-kata dan ungkapan :
                   Bersama ini                             nota bene(N.B)
                   Dengan hormat                      salinan
                   Dengan ini                              terlampir
                   Dengan alamat(d.a.)              tembusan
                   Hal/perihal                             tertanda
                   Hormat kami/hormat saya   untuk perhatian(u.p.)
                   Lampiran                                untuk beliau(u.b.)
                   Melalui surat ini                    wasalam

          Selain kata-kata dan ungkapan khas tersebut diatas, kata-kata lain yang dipakai didalam surat resmi haruslah kata-kata yang tidak lazim dipakai dalam masyarakat. Gunakanlah kata-kata bahasa Indonesia; jangan gunakan kata atau istilah asing yang tidak lazim.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar